Obrolan Ringan

Berjemur Dapat Meningkatkan Penyerapan Kalsium dan Fosfor Bagi Penderita Riketsia

Spread the love

Riketsia terjadi karena kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga proses pengerasan tulang terganggu. Penyakit ini terjadi pada anak-anak. Riketsia menyebabkan tulang kaki tumbuh membengkok. Penyembuhan dan pencegahan dari penyakit ini adalah dengan penambahan kalsium, fosfor, dan vitamin D dalam menu makanan. Vitamin D dapat diperoleh dari makanan, suplemen, dan berjemur sinar matahari.

Berjemur Dapat Meningkatkan Penyerapan Kalsium dan Fosfor Bagi Penderita Riketsia

Seseorang yang berusia 1-70 tahun membutuhkan vitamin D sebanyak 15 mikrogram/hari. Sedangkan seseorang berusia 71 tahun ke atas membutuhkan vitamin D sebanyak 20 mikrogram/hari.

Mengapa vitamin D dapat diaktifkan dengan bantuan sinar matahari pagi melalui berjemur?

Melalui paparan sinar matahari pagi selama 5-10 menit, maka sinar ultraviolet dari matahari akan dapat membantu mengaktifkan pro vitamin D. Vitamin D aktif akan dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh, sehingga akan menambah jumlah kalsium dan fosfor dalam darah. Dengan demikian bertambahnya kadar vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, maka akan dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga dapat menolong perbaikan tulan penderita riketsia.


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − 1 =